/* Loading Page */ #page-loader{position:fixed!important;position:absolute;top:0;right:0;bottom:0;left:0;z-index:999999;background:#fff url('https://lh4.googleusercontent.com/-lvlkiOAd4UA/U6qOQ4uFtUI/AAAAAAAAD58/wqTdiNc3M0g/s128-no/loading.GIF') no-repeat 50% 50%;padding:1em 1.2em;display:none}

Link Bergerak

Source: http://amronbadriza.blogspot.com/2012/08/cara-membuat-link-bergoyang-di-blog.html#ixzz29z9q6DDc

Minggu, 21 Oktober 2012

Software




-|Software|-

B. Pengertian,  Fungsi, dan Jenis-jenis Software
Secara harfiah software berarti peranti lunak; perangkat lunak; program computer. Istilah baku software dalam bahasa Indonesia adalah perangkat lunak. Software merupakan kumpulan beberapa perintah yang di eksekusi oleh mesi computer dalam menjalankan pekerjaannya.
Untuk mencapai keinginan tersebut di rancanglah suatu susunan logika yang di olah melalui perangkat lunak, yang di sebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengolahan pada software ini melibatkan beberapa hal, di antaranya adalah sistemn operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika ada dapat dimengerti oleh mesih computer.
Dalam arti yang paling luas, software computer bias diartikan sebagai suatu prodesur pengoperasian. Suatu acara yang di tayangkan oleh televise, dapat danggap sebagai software dari suatu peralatan televisi. Demikian pula halnya dengan music yang direkam di atas kaset maupun CD, data di atas kertas, serta cerita maupun uraian yang ada di dalam sebuah buku.
Software memiliki banyal fungsi bagi mesin computer. Fungsi-fungsi software  tersebut antara lain:
1.   Mengidentifikasi program,
2. Menyiapkan aplikasi program agar tata kerja seluruh peralatan computer terkomtrol,
3. Mengatur dan membuat pekerja lebih efisien.
Pada umumnya software yang kita pakai dalam keseharian terbagi dua jenis softaware, yaitu software system operasi (operating system) dan software aplikasi (applications). Operating system merupakan software yang dihgunakan untuk mengoperasikan computer, sedangkan applications merupakan software atau program yang di operasikan di dalam sebuah lingkungan operating system untuk keperluan-keperluan tertentu, seperti pemrograman (programming), office work, dan gaming (permainan).
Berdasarkan pembagian secara umum tersebut, secara khusus software sebenarnya terbagi menjadi lima jenis, yaitu:
1.   System operasi (operating system)
2. Alat bantu (utility)
3. Bahasa pemograman
4. Routines (user program)
5. Application pacage (package programs)
c. Software system operasi (operating system).
Secara computer pertama kali dihidupkan, system operasilah yang perptama kali di kjalankan. System operasi yang menbgatur seluruh proses, menerjemahkan masukan, mengatur proses internal, menerjemahkan penggunaan memori dan mempberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian. Contoh system operasi, yaitu DOS, Unix, Windows 95, IBM OS/2, dan Mac OS X.
1. Pengertian system operasi (operating system)
System operasi (operating system merupakan bagian software yang sangan penting. System yang merupakan kumpulan program ini  mengontrol dan mengaruh seluruh kegiatan processing dalam system computer. Pada prinsipnya operating system merupakan kumpulan dari program routine dan prosedur yang di buat untuk memperkecil peranan pengguna computer dalam system computer dan untuk memperbesar efisien system tersebut.

System operasi dapat pula di definisikan sebagai perangkat lunak yang bertindak sebagai perantara antara pemakai computer (user) dengan perangkat keras (hardware).

2.  Fungsi system operasi (operating system)
System operasi (operating system) merupakan system software yang berfungsi untuk mengatur cara kerja computer secara mendasar, seperti mengatur media-media input- proses- output, mengatur kabel pengkodean, mengatur memori, serta mengatur penjadwalan processor. Contoh DOS. Microsoft Windows 3.1/95/98/2000/Me/XP/Vista, windows NT, Novell, UNIX, Linux, Mac OS X, dan VMS.
Secara umum fungsi utama system operasi anntara lain sebagai berikut.
a.   Sebagai manajement proses yang menyangkup penyimpanan, penjadwalan, dan pemantauan proses program yang sedang di jalankan.
b. Sebagai manajemen sumber daya yang berkaitan dengan pengendalian terhadap perangkat lunak system/perangkat lunak seperti aplikasi yang sedang di jalan kan. Contoh sumber dayanya adalah komponen perangkat keras pada computer seperti CPU, memori utama, dan alat input/output.
c. Sebagai manajemen data, yaitu berupa pengendalian terhadap data masukan/keluaran.
Selain itu, system operasi juga mempunyai sarana untuk mengolah keamanan. Cirri system operasi yang memiliki manajemen keamanan antara lain pemakai atau user memasukan nama pemakai dan password (kata rahasia) sebelum mengakses computer.
3. Macam system operasi (operating system)
Operating system berkembang mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan manusia. Secara umum operating system di buat untuk jenis computer antara lain sebagai berikut.
a. Microsoft windows untuk Personal Computer (PC)
b. VMS untuk DEC
c. OS/2, AIX, OS/390 untuk IBM
d. MacOS untuk apple macintosh
e. SunOS untuk sun computers
f. Palm OS untuk PDA PalmPilot
g. Microsoft Windows CE untuk Palmtop UNIX adalah induk Operating system yang mampu diimplementasikan untuk segala macam jenis mesin computer yang ada hingga saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar