/* Loading Page */ #page-loader{position:fixed!important;position:absolute;top:0;right:0;bottom:0;left:0;z-index:999999;background:#fff url('https://lh4.googleusercontent.com/-lvlkiOAd4UA/U6qOQ4uFtUI/AAAAAAAAD58/wqTdiNc3M0g/s128-no/loading.GIF') no-repeat 50% 50%;padding:1em 1.2em;display:none}

Link Bergerak

Source: http://amronbadriza.blogspot.com/2012/08/cara-membuat-link-bergoyang-di-blog.html#ixzz29z9q6DDc

Kamis, 13 September 2012

Pengertian Proton, Elektron, Dan Neutron

Pengertian Proton adalah sebagai berikut : Pengertian Proton adalah partikel pembawa muatan listrikpositif. Kami adalah lembaga non profit yang bergerak dibidang pendidikan, Bangsa yang cerdas dan makmur adalah idaman semua orang, oleh karena itu kami memulainya dengan program peduli pendidikan indonesia. Semoga bermanfaat.
Pengertian Proton Kami adalah kelompok yang bergerak di bidang pendidikan. Kami menyediakan berbagai konten edukasi seperti pengertian, penjelasan, cara kerja, klasifikasi, manfaat, kerugian, keuntungan, kelemahan, hukum, perbandingan, struktur, susunan, bunyi, sifat, metode teori, cara, definisi, rumus, contoh soal, pembahasan, gambar, video edukasi dan banyak lainnya untuk menunjang pertumbuhan angka kecerdasan rakyat indonesia karena rakyat yang cerdas dan beradab adalah dambaan kita bersama, oleh karena itu kami memulainya dengan program peduli pendidikan.

Definisi Elektron adalah partikel yang bermuatan negative. elektron terletak dalam atom (terikat pada inti atom) dan menyebabkan sifat kimia. Di dalam logam, elektron berifat ebas (tidak terikat atom)sehingga dapat menghantarkan arus listrik. Dalam semikonduktor, aliran elektron dapat diatur sehingga dapat dibuat diode, transistor dan lain-lain.
Nama electron diusulkan oleh G.J Stoney. Penemuan electron dimulai dari percobaan yang dilakukan oleh J.J Thomso (1897) dengan tabung sinar katode. Percobaan ini berhasil mengukur perbandingan antara muatan listrik dengan massa sinar katode itu. Menurut Thomson, sinar katode ini merupakan bagian dari atom yang disebut electron.

Neutron atau netron adalah partikel subatomik yang tidak bermuatan (netral) dan memiliki massa 940 MeV/c² (1.6749 × 10-27 kg, sedikit lebih berat dari proton. Putarannya adalah ½.

Inti atom dari kebanyakan atom (semua kecuali isotop Hidrogen yang paling umum, yang terdiri dari sebuah proton) terdiri dari proton dan neutron.

Di luar inti atom, neutron tidak stabil dan memiliki waktu paruh sekitar 10 menit, meluluh dengan memancarkan elektron dan antineutrino untuk menjadi proton. Metode peluruhan yang sama (peluruhan beta) terjadi di beberapa inti atom. Partikel-partikel dalam inti atom biasanya adalah neutron dan proton, yang berubah menjadi satu dan lainnya dengan pemancaran dan penyerapan pion. Sebuah neutron diklasifikasikan sebagai baryon dan terdiri dari dua quark bawah dan satu quark atas. Persamaan Neutron antibendanya adalah antineutron.

Perbedaan utama dari neutron dengan partikel subatomik lainnya adalah mereka tidak bermuatan. Sifat netron ini membuat penemuannya lebih terbelakang, dan sangat menembus, membuatnya sulit diamati secara langsung dan membuatnya sangat pentin sebagai agen dalam perubahan nuklir.

Penelitian yang dilakukan Rutherford selain sukses mendapatkan beberapa hasil yang memuaskan juga mendapatkan kejanggalan yaitu massa inti atom unsur selalu lebih besar daripada massa proton di dalam inti atom. Rutherford menduga bahwa terdapat partikel lain di dalam inti atom yang tidak bermuatan karena atom bermuatan positif disebabkan adanya proton yang bermuatan positif. Adanya partikel lain di dalam inti atom yang tidak bermuatan dibuktikan oleh James Chadwick pada tahun 1932. Chadwick melakukan penelitian dengan menembak logam berilium menggunakan sinar alfa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suatu partikel yang tak bermuatan dilepaskan ketika logam berilium ditembak dengan sinar alfa dan partikel ini disebut sebagai neutron.

8 komentar: